Assalamu 'alaikum wr.wb

Assalamu alaikum Wr.Wb , Selamat Datang. Terima kasih telah Mengunjungi Blog ini, Semoga ada manfaatnya bagi diri pribadi dan pembaca, amien.

“Jika tindakan Anda memberi INSPIRASI bagi orang lain untuk bermimpi lebih, belajar lebih, melakukan lebih, dan MENJADI LEBIH, Anda adalah seorang LEADER”.

(John Quincy Adams)

Kepada pengunjung yang ingin “Meng-copas” atau Men-Share tulisan yang ada di blog ini dipersilahkan.
Selamat Menikmati dan Jangan Lupa Untuk meninggalkan jejak DI SINI Ya…

Jumat, 13 April 2012

Tips Mengetahui Postingan yang Di-Coppas Pengunjung


Ago pada postingan 7 Cara Menyikapi Copy Paste Konten Blog bertanya mengenai bagaimana caranya mengetahui postingan yang di-copy paste (dicopas) oleh orang lain. Sepanjang yang saya tahu dan lakukan.
 Ada 3 cara untuk mengetahui hal ini.
1. Memeriksa URL postingan di Copyscape
Copyscape adalah sebuah situs yang menyediakan layanan gratis untuk memeriksa penjiplakan dan mendeteksi konten duplikat. Cara menggunakan layanannya cukup mudah yaitu dengan memasukkan URL postingan. Sebagai contoh, saya memasukkan URL postingan 8 Blog yang Menghasilkan Uang Milyaran Per Tahun. Setelah menekan tombol Go, hasil pencariannya seperti gambar di bawah ini (saya menutup alamat blognya agar etis).

2. Memeriksa judul postingan di mesin pencari
Sesekali saya memeriksa postingan saya di mesin pencari (misalnya Google) untuk mengetahui postingan saya dicopas atau tidak oleh orang lain. Yang saya lakukan adalah mengetikkan judul postingan yang hendak diperiksa. Saya lalu mengunjungi satu persatu blog atau situs yang membuat judul seperti pada postingan saya. Sebagai gambaran, silakan Anda simak hasil penelusuran Google untuk judul 8 Blog yang Menghasilkan Uang Milyaran Per Tahun.
3. Melihat referrers di WordPress.com Stats
Selain Google Analytics, saya juga menginstal plugin WordPress.com Stats untuk mengetahui statistik blog (simak cara memfungsikan plugin WordPress.com Stats jika Anda tertarik menggunakannya). Salah satu fitur yang ada di plugin ini adalah referrers yaitu situs atau blog pengarah tempat pengunjung datang. Setelah ditelusuri, adakalanya referrers adalah blog yang mencopas tulisan saya. Blog tersebut lupa menghapus link internal atau link gambar sehingga pengunjung bisa berkunjung ke blog saya.
Itulah 3 cara yang saya ketahui untuk melacak postingan yang dicopas. Anda mengetahui cara lainnya? Jika ya, silakan informasikan pada bagian komentar di bawah ini.
on August 8, 2010 Filed Under: Blog Tools 65 Comments

Postingan Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar